Tadi saya ingin mengirimkan sebuah pranala ke sebuah postingan X (Twitter) ke teman saya melalui WhatsApp Web. Seperti biasa saya menggunakan teknik copy-paste dengan menyalin (copy) pranalanya kemudian menempelkannya (paste) ke kotak pesan percakapan di WhatsApp Web. Normalnya, pranala langsung muncul ke kotak pesan percakapan, tetapi saya mendapati bahwa ketika saya mencoba menempelkan pranala entah melalui klik kanan maupun ctrl + V, teks pranala yang telah saya salin tidak muncul di kotak percakapan WhatsApp Web.

Sekadar informasi, selama ini saya menggunakan peramban Firefox, baik di laptop maupun di Android. Awalnya saya curiga ini adalah masalah terkait web compatibility yang hanya terjadi di Firefox sehingga saya mencari petunjuk tentang masalah ini di repositori Github proyek Webcompat.

Dari pencarian saya tersebut, saya menemukan saya menemukan issue nomor #125920. Sesuai dugaan awal saya, masalah ini tampaknya terkait dengan web compatibility. Masalah ini terjadi baik di Windows, MacOS, dan Linux. Masalah ini masih dalam investigasi sehingga belum jelas apa yang menyebabkan hal ini.

Lalu, apa yang harus saya lakukan?

Jika kamu menggunakan peramban Firefox, kemungkinan besar kamu akan terdampak oleh bug ini. Namun seseorang pengguna bernama Pablo A di Superuser menemukan solusi yang dapat digunakan untuk sementara waktu hingga masalah atau bug ini diatasi.

Pertama, buka editor konfigurasi Firefox dengan mengetikkan about:config di bilah alamat atau address bar. Kamu mungkin akan mendapati halaman berisi peringatan bahwa mengubah pengaturan tingkat lanjut dapat mempengaruhi performa dan keamanan, cukup abaikan saja dan klik tombol “Terima risiko dan lanjutkan” karena di sini kita tahu apa yang ingin kita lakukan.

Pada bilah pencarian di laman about:config cari dengan kata kunci clipboardevents. Hasil pencarian akan memunculkan pengaturan dengan label dom.event.clipboardevents.enabled. Nonaktifkan pengaturan dom.event.clipboardevents.enabled dengan mengklik dua kali sehingga nilainya beubah dari sebelumnya true menjadi false. Agar perubahan yang kita buat menjadi efektif, mulai ulang Firefox dengan menutup dan membukanya kembali.

Efek samping

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, solusi tersebut bersifat sementara atau workaround karena tidak memperbaiki akar masalahnya. Oleh karena itu perlu diingat kalau solusi ini juga punya beberapa efek samping. Pablo A menyebutkan bahwa mengubah dom.event.clipboardevents.enabled menjadi false membuat tidak bisa menempel (paste) teks ke Google Docs.

Jujur saja, sebagai pengguna Firefox isu-isu terkait web compatibility sering terjadi di Firefox. Misalnya seperti situs pendaftaran rekening Bank Mandiri yang tidak bisa diakses menggunakan Firefox di Android. Menurunnya market share Firefox dan dominasi Google Chrome serta banyaknya peramban yang menggunakan basis sumber terbuka Google Chrome (Chromium) membuat para pengembang web tidak perlu repot-repot untuk mengetes situs web mereka di Firefox, karena toh mayoritas pasti menggunakan Google Chrome atau peramban alternatif berbasis Chromium.

Terkait masalah tidak bisa copy-paste ke WhatsApp Web di Firefox, satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan solusi sementara di atas sambil menunggu pembaharuan Firefox yang berisi perbaikan atas masalah ini.


Update: Jadi issue #125920 di repositori webcompat/web-bugs telah ditutup oleh Dennis Schubert ([Denscub])(https://github.com/denschub), 11 jam yang lalu. Mengutip postingan terakhir Dennis Schubert di Github:

I’m locking this issue, as nobody seemed to care about my previous comment where I said:

Please stop commenting new “me too"s. We know what the issue is, and as per this comment, WhatsApp has already built a fix and is working on deploying it. There is no need for more reports. Let’s please keep this issue low-noise so that we can figure out if there is something that needs to change in Firefox to make our behavior less surprising. we don’t need additional reports about this, and WhatsApp is rolling out a fix as stated multiple time. This isn’t related to any specific Firefox version or Firefox update. It’ll start working again once you’ve received the WhatsApp update. Please don’t file another reports about paste-issues on WhatsApp - be patient until they have fully rolled out the patch.

Selain itu saya dapat mengonfirmasi bahwa setelah pembaharuan WhatsApp Web, sekarang saya telah bisa menempel teks atau gambar ke WhatsApp Web di Firefox.